Universitas Gadjah Mada Nama Instansi
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Berita
  • Agar Tembus Jurnal Internasional Terindeks atau Jurnal Nasional Terakrediasi.

Agar Tembus Jurnal Internasional Terindeks atau Jurnal Nasional Terakrediasi.

  • Berita
  • 15 Desember 2022, 00.00
  • Oleh: layanantik
  • 0

Jogja,
SPs (15/12/2022) Tulisan karya ilmiah yang dapat menembus atau diterbitkan
di  Jurnal Nasional Terakreditasi atau Jurnal
Internasional Terindeks adalah impian hampir semua mahasiswa. Namun untuk
sampai pada tahap tersebut perlu melalui serangkain proses yang tidak mudah.

Selain
itu, untuk meningkatkan posisi perguruan tinggi dalam kancah akademik global,
jumlah publikasi dalam jurnal internasional yang terakreditasi dan mutu
akademik menjadi kebutuhan mutlak.

Menyikapi
hal tersebut, Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM mengambil langkah dengan menyelenggarakan
Workshop Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa S2/S3 SPs yang dilaksanakan
selama dua hari yaitu Kamis dan Jumat tgl 15 dan 16 Desember 2022 di Gedung SPs.

Acara
yang diikuti oleh sekitar seratus delapan puluh mahasiswa ini, dibuka oleh
Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Widianto Dwi
Nugroho, S.Hut., M.Agr, di Ruang Seminar Lt. 5 Gd. SPs di hari pertama.

Usai
acara pembukaan, dilanjutkan penyampaian wawasan umum berjudul Penulisan Karya
Ilmiah: Perkembangan Mutakhir, Dinamika dan Tantangannya, bersama pemateri
Prof. Dr. Junun Sartohadi, dan dipandu oleh Moderator Dr. Hilda Ismail, Apt
M.Si.

Workshop
ini dibagi menjadi dua aktifitas utama yaitu Pelatihan Teknik Penulisan Naskah Publikasi
dan Latihan Penulisan Naskah Publikasi.

Workshop
juga dibagi dalam 4 Klaster yaitu Klaster Saintek, Soshum 1, Soshum 2, dan
Soshum 3, dilaksanakan secara paralel di 4 ruangan di hari pertama.

Klaster
Saintek diisi oleh Narasumber Dr. Tri Rini Nuringtyas, Kaprodi S3 Bioteknologi,
diikuti mahasiswa dari Prodi Ilmu Lingkungan, Bioteknologi , Geo Informasi
untuk Manajemen Bencana, dan Teknik Biomedis, dilaksanakan di R. Seminar Lt. 5.

Untuk Klaster Soshum I, Narasumber oleh Dr. Zainal Abidin Bagir, Ketua Prodi Doktor
Inter Religious Studies, diikuti oleh Mahasiswa S2/S3 dari Prodi Agama dan
Lintas Budaya, Ekonomi Islam, Inter Religious Studies, Kepemimpinan dan Inovasi
Kebijakan, Perekonomian Islam dan Industri Halal, dilaksanakan di lt. 3.

Klaster Soshum 2, Narasumber Dr. Dicky Sofyan, dosen Prodi Inter Religious Studies, diikuti
oleh mahasiswa S2 /S3 Ilmu Ketahanan Nasional, Kependudukan, Magister Manajemen
Pendidikan Tinggi, Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan, Magister Perdamaian
dan Resolusi Konflik, dilaksanakan di Lt. 3.

Sedangkan
untuk Klaster Soshum 3, Narasumber Dr. Ratna Noviani, Kaprodi S2 Kajian Budaya
dan Media,  diikuti oleh mahasiswa S2/S3
Prodi Kajian Budaya dan Media, Kajian Pariwisata serta Pengkajian Seni
Pertunjukan dan Seni Rupa, dilaksanakan di Lt. 4.

Di
hari kedua, Jumat 16 des 2022 acara dilanjutkan dengan Pleno yang terdiri dari
3 sesi. Pleno I tentang Peta Jurnal Soshum dan Saintek, Pleno 2 tentang
Visualisasi Gambar dan Grafik dalam Penulisan Ilmiah, Pleno 3 tentang Penulisan
Situasi & Integrasi Akademik.

Dari
kegiatan ini akan dipilih 8 naskah untuk mendapatkan insentif Rp.250.000 per naskah, dan 2
naskah terbaik dari 8 naskah tersebut akan direkomendasikan terbit di Jurnal
Kawistara, Teknosains. Selain itu juga akan mendapatkan kesempatan untuk
presentasi di International Graduate Student and Scholars Conference on
Indonesia
(IGSSCI) 2023. (SPs/arni)

Link



Recent Posts

  • PKM SPs: Pemanfaaan Limbah Jagung untuk Pakan Ternak dan Pupuk Organik
  • SPs Luluskan 60 Magister dan 7 Doktor
  • Pentingnya Liputan Kegiatan Kampus
  • Menjadi Karyawan Bintang
  • SPs Ikut Dorong Pengembangan Pariwisata NTT

Arsip

  • Februari 2023
  • Januari 2023
  • Desember 2022
  • November 2022
  • Oktober 2022
  • September 2022
  • Juli 2022
  • Juni 2022
  • April 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
  • Desember 2021
  • November 2021
  • Oktober 2021
  • September 2021
  • Agustus 2021
  • Juni 2021
  • Maret 2021
  • Oktober 2020
  • September 2020
  • Juni 2020
  • Maret 2020
  • Desember 2019
  • November 2019
  • Oktober 2019
  • September 2019
  • April 2019
  • Januari 2019
  • Desember 2018
  • November 2018
  • Oktober 2018
  • September 2018
  • Agustus 2018
  • Juli 2018
  • Juni 2018
  • April 2018
  • Maret 2018
  • Februari 2018
  • Januari 2018
  • Desember 2017
  • Oktober 2017
  • April 2017
  • Maret 2017
  • Januari 2017
  • Desember 2016
  • November 2016
  • Oktober 2016
  • September 2016
  • Agustus 2014
  • Januari 2014
  • Juli 2012
  • Desember 2011
  • November 2011
  • Oktober 2011
  • September 2011
  • Juli 2011
  • Juni 2011
  • Mei 2011
  • Maret 2011
  • Februari 2011
  • Januari 2011
  • Desember 2010
  • November 2010
  • Oktober 2010
  • September 2010
  • Agustus 2010
  • Juli 2010
  • Juni 2010
  • Mei 2010
  • April 2010
  • Maret 2010
  • Februari 2010
  • Januari 2010
  • Desember 2009
  • November 2009
  • Oktober 2009
  • September 2009
  • Agustus 2009
  • Juli 2009
  • Juni 2009
  • Mei 2009
  • April 2009
  • Maret 2009
  • Februari 2009
  • Januari 2009
  • Desember 2008
  • November 2008
  • Oktober 2008
  • September 2008
  • Agustus 2008
  • Juni 2008
  • Mei 2008
  • Januari 2008
  • November 2007

Kategori

  • Berita

Meta

  • Masuk
  • Entries RSS
  • Comments RSS
  • web instansi
Universitas Gadjah Mada

Alamat Instansi
Nomor Telepon Instansi
Email Instansi

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju