Universitas Gadjah Mada Nama Instansi
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Berita
  • Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Wisata Ecospa di Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul Yogyakarta

Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Wisata Ecospa di Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul Yogyakarta

  • Berita
  • 29 Oktober 2019, 00.00
  • Oleh: layanantik
  • 0

Yogyakarta, Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada menggelar ujian terbuka untuk promosi doktor bagi Lastiani Warih Wulandari dari Program Studi Kajian Kepariwisataan di Auditorium Sekolah Pascasarjana, pada Selasa (29/10/2019). Dalam kesempatan ini, Wulan menyampaikan hasil riset disertasinya yang berjudul Model Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan Wisata Ecospa di Desa Wisata Nglanggeran Gunung Kidul Yogyakarta. Wulan menyampaikan bahwa wisata kesehatan spa mempunyai potensi besar karena Indonesia memiliki keunggulan dari bahan-bahan penunjang perawatan spa dan sumber daya manusia untuk terapis spa. Inovasi baru dalam sektor industri spa adalah melibatkan pemberdayaan dan pengangkatan nilai kearifan lokal sehingga terbentuk ekowisata kesehatan tradisional spa (ecospa tourism). Maka dari itu, Wulan memilih desa wisata di Desa Nglanggeran untuk menganalisis konsep model pemberdayaan masyarakat dalam mencapai tingkat keberlanjutan yang berfokus pada relationship atau membina hubungan relasi yang lebih berfokus pada pengembangan jiwa pemasaran intk mencapai keberlanjutan pemasaran (sustainable marketing).

Hasil dari penelitian disertasi Wulan yakni trust and commitment, empowerment, social bonding, emphaty, dan communication adalah dimensi- dimensi yang menjadi indikator model pemberdayaan masyarakat dan kemitraan pemasaran wisata ecospa yang juga berkaitan dengan faktor keterkaitan hulu dan hilir. Faktor hulu merupakan faktor keterkaitan ke belakang atau backward linkage berupa 3P (people, planet, dan profit) yang memberikan pengaruh terhadap kemitraan dalam pemberdayaan masyarakat. Sedangkan hilir yang dimaksud aalah faktor keterkaitan ke depan (forward linkage) berupa 4P (product, price, promotion, place). Hulu dan hilir merupakan faktor keterkaitan yang saling erat pada kemitraan (partnership) untuk pengembangan pemasaran wisata ecospa.

Wulan merekomendasikan dari hasil disertasi ini bahwa diperlukannya penelitian lebih jauh lagi mengenai model pemberdayaan masyarakat dan kemitraan pemasaran wisara ecospa, karena masih terdapat banyak potensi destinasi wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang belum tersentuh dengan wisata ecospa. Karena wisata ecospa menjadi langkah awal dalam inovasi dan kreativitas spa tradisional dalam memasarkan dan menambah daya tarik wisata dan juga dapat memberikan pengaruh keterkaitan usaha spa yang lebih berkualitas dengan model pemberdayaan masyarakat dan kemitraan pemasaran.

Hasil disertasi dipresentasikan oleh Wulan dengan sangat baik sehingga dinyatakan lulus sebagai doktor dengan predikat Sangat Memuaskan. (SPs/Azrina)

Link



Recent Posts

  • PKM SPs: Pemanfaaan Limbah Jagung untuk Pakan Ternak dan Pupuk Organik
  • SPs Luluskan 60 Magister dan 7 Doktor
  • Pentingnya Liputan Kegiatan Kampus
  • Menjadi Karyawan Bintang
  • SPs Ikut Dorong Pengembangan Pariwisata NTT

Arsip

  • Februari 2023
  • Januari 2023
  • Desember 2022
  • November 2022
  • Oktober 2022
  • September 2022
  • Juli 2022
  • Juni 2022
  • April 2022
  • Maret 2022
  • Februari 2022
  • Desember 2021
  • November 2021
  • Oktober 2021
  • September 2021
  • Agustus 2021
  • Juni 2021
  • Maret 2021
  • Oktober 2020
  • September 2020
  • Juni 2020
  • Maret 2020
  • Desember 2019
  • November 2019
  • Oktober 2019
  • September 2019
  • April 2019
  • Januari 2019
  • Desember 2018
  • November 2018
  • Oktober 2018
  • September 2018
  • Agustus 2018
  • Juli 2018
  • Juni 2018
  • April 2018
  • Maret 2018
  • Februari 2018
  • Januari 2018
  • Desember 2017
  • Oktober 2017
  • April 2017
  • Maret 2017
  • Januari 2017
  • Desember 2016
  • November 2016
  • Oktober 2016
  • September 2016
  • Agustus 2014
  • Januari 2014
  • Juli 2012
  • Desember 2011
  • November 2011
  • Oktober 2011
  • September 2011
  • Juli 2011
  • Juni 2011
  • Mei 2011
  • Maret 2011
  • Februari 2011
  • Januari 2011
  • Desember 2010
  • November 2010
  • Oktober 2010
  • September 2010
  • Agustus 2010
  • Juli 2010
  • Juni 2010
  • Mei 2010
  • April 2010
  • Maret 2010
  • Februari 2010
  • Januari 2010
  • Desember 2009
  • November 2009
  • Oktober 2009
  • September 2009
  • Agustus 2009
  • Juli 2009
  • Juni 2009
  • Mei 2009
  • April 2009
  • Maret 2009
  • Februari 2009
  • Januari 2009
  • Desember 2008
  • November 2008
  • Oktober 2008
  • September 2008
  • Agustus 2008
  • Juni 2008
  • Mei 2008
  • Januari 2008
  • November 2007

Kategori

  • Berita

Meta

  • Masuk
  • Entries RSS
  • Comments RSS
  • web instansi
Universitas Gadjah Mada

Alamat Instansi
Nomor Telepon Instansi
Email Instansi

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju